[INFO] Penerapan Metode FIFO Modul Persediaan Aplikasi SAKTI mulai Tahun Anggaran 2021 - Berita / General - HAI DJPb

Jan 4 2021

[INFO] Penerapan Metode FIFO Modul Persediaan Aplikasi SAKTI mulai Tahun Anggaran 2021

Authors list

Yth. Pengguna SAKTI

di seluruh Indonesia


Diberitahukan kepada seluruh satker pengguna sakti, terkait penerapan metode penilaian FIFO pada Modul Persediaan aplikasi SAKTI sebagai berikut :

  1. Sesuai Nota Dinas Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan pada Direktur SITP NOMOR ND-1152/PB.6/2020, penerapan metode penilaian FIFO (First in First Out) akan dilakukan mulai tahun anggaran 2021.
  2. Pada aplikasi SAKTI modul persediaan sudah tersedia 3 (tiga) metode penilaian yaitu HST, AVG dan FIFO.
  3. Metode penilaian pada aplikasi SAKTI seperti disebutkan pada poin 2 (dua) diatas harus di setting mandiri oleh user dalam hal ini pada level pengguna operator persediaan.
  4. Untuk setting mandiri metode penilaian pada aplikasi sakti modul persediaan hanya bisa dilakukan sekali dalam 1 Tahun Anggaran dan dilakukan di awal Tahun Anggaran.
  5. Terkait penerapan metode penilaian FIFO ini, dimohon agar setiap operator persediaan di satker induk agar melakukan setup metode penilaian pada level user operator persediaan, menu referensi sub menu metode penilaian persediaan. Silakan dipilih metode FIFO dengan tahun mulai berlaku 2021 dan di lakukan per bidang barang, yaitu bidang 101, 102 dan 103
  6. Mohon dipastikan, untuk setup penilaian FIFO ini dilakukan sebelum ada perekaman transaksi TA 2021, baik transaksi persediaan masuk atau transaksi persediaan keluar.


Demikian informasi ini disampaikan, jika ada pertanyaan lebih lanjut untuk bisa membuat tiket melalui haiDJPB. Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.


Sangat Membantu Kurang Membantu

37 of 70 people found this page helpful

Add a comment

Please log in or register to submit a comment.

Ingat saya?