Pertanyaan :
Saya kesulitan menemukan kegiatan pada saat input Penyerapan
Jawab :
Untuk memudahkan penginputan kegiatan dana desa, Bapak/Ibu bisa mengikuti langkah2 berikut :
- Masuk ke dalam referensi kegiatan. Temukan kode kegiatan dengan mengetik nama kegiatan pada kolom "search". Kode kegiatan dapat di export ke dalam file excel. Pencarian dalam file excel memudahkan user menemukan kode kegiatan yang akan digunakan sesuai dengan bidang yang akan digunakan.
- Setelah menemukan kode kegiatan masuk ke menu Input Penyerapan.
- Masukkan kode kegiatan pada kolom kegiatan.
- Kode bidang terdapat pada digit 5 dan 6 pada kode kegiatan
Pertanyaan :
Pilihan yang muncul pada Upload dokumen hanya Tahap II, dan tidak ada pilihan Tahap I
Jawab :
Pilihan Tahap I tidak muncul disebabkan karena tahap I sudah dikunci oleh KPPN. Silahkan berkoordinasi dengan KPPN apakah kunci periode bisa dibuka kembali atau tidak.
Pertanyaan :
terdapat pesan error "Gagal akses FTP" pada saat upload pdf
Jawab :
Gagal upload ke FTP bisa disebabkan berbagai hal diantaranya :
- Load server ftp yang tinggi pada saat jam kerja. Mungkin bisa dicoba untuk upload pada jam2 di luar jam kerja.
- Koneksi yang kurang bagus apabila menggunakan koneksi internet tetap tidak bisa, Bapak/Ibu bisa meminjam koneksi atau PC yang ada di KPPN untuk melakukan upload pdf.
- File yang terlalu besar. Apabila memungkinkan silahkan di kompress/resize dengan menggunakan tool pdf resizer online di link berikut https://pdfresizer.com/resize
- Ukuran file maksimal yang dapat diupload adalah 10MB
Pertanyaan :
Input penyerapan dana desa tidak tersimpan dan ada pesan error "Gagal akses FTP"
Jawab :
Data tidak tersimpan disebabkan karena file photo yang gagal di upload. Ukuran file photo yang disarankan tidak lebih dari 100kb. Untuk memastikan data dapat tersimpan, silahkan menyimpan perekaman tanpa photo. Untuk mengupload photo klik ubah pada data kegiatan desa. Photo sangat dianjurkan dalam perekaman kegiatan desa untuk memastikan kegiatan desa sudah terlaksana.
Pertanyaan :
Pilihan kegiatan tidak ada di referensi kegiatan
Jawab :
Perekaman kegiatan pada penyerapan dapat menggunakan kegiatan yang paling mendekati.
Untuk perekaman referensi kegiatan dilakukan secara terpusat melalui HAI DJPBN. Kegiatan yang belum ada pada referensi kegiatan bisa disampaikan kepada kami untuk kami tambahkan pada aplikasi OMSPAN.
Untuk penambahan kegiatan mohon informasi berikut:
Nama Bidang :
Nama Kegiatan :
Uraian Output :
Satuan Output :
Pertanyaan :
Kode dan nama Desa pada aplikasi OMSPAN berbeda dengan yang ada pada Pemda
Jawab :
Terkait referensi Desa, OM SPAN mengacu pada referensi yang disampaikan oleh Kemendagri melalui DJPK, apabila terdapat ketidaksesuaian silakan Pemda untuk berkoordinasi dengan Kemendagri agar dapat dilakukan update data. Data wilayah dan Desa berdasarkan Permendagri No.56-2015 dapat diakses melalui http://www.kemendagri.go.id/pages/data-wilayah.
Apabila ada perbedaan kode dan nama desa antara Permendagri No.56-2015 dengan data referensi pada OMSPAN silahkan sampaikan kepada kami melalui HAI DJPb melalui email hai.djpb@kemenkeu.go.id
Comments (13)
Silahkan mengajukan permintaan dengan mengirimkan email ke hai.djpb@kemenkeu.go.id
Terima kasih
Terima kasih
Silahkan mengajukan permintaan dengan mengirimkan email ke hai.djpb@kemenkeu.go.id
Terima kasih
(015) Muhammad Adhitya Bakry
Thur, 21st Jun 2018 2:52pm
Yth. Nanang
Silahkan mengajukan permintaan dengan mengirimkan email ke hai.djpb@kemenkeu.go.id
Terima kasih