[Penjelasan Menu] Monitoring Terkait Revisi DIPA - Knowledgebase / Online Monitoring SPAN - HAI DJPb

[Penjelasan Menu] Monitoring Terkait Revisi DIPA

Authors list

Pemerintah saat ini sedang merencanakan pemotongan anggaran belanja K/L. Kemungkinan mekanisme melalui 2 (dua) cara, yaitu:

  • Self-blocking
  • Revisi terpusat

Self-blocking 

Self-blocking dapat dimonitoring melalui Modul Penganggaran menu Sisa Pagu Belanja Realisasi dan Pencadangan.

Revisi Terpusat

Untuk revisi terpusat, kadang satuan kerja tidak mengetahui adanya revisi atas DIPA nya, atau tidak mendapat informasi dari K/L induknya. Invoice/SPM yang diajukan terkena Hold oleh SPAN karena DIPA sedang dalam proses revisi. Untuk DIPA yang sedang dalam proses revisi, kemungkinan besar SPM yang diajukan terkait akun yang sedang direvisi akan terkena Hold SPM. Hold SPM dapat dimonitoring melalui Modul Pembayaran, menu Hold Invoice.

Revisi DIPA menyebabkan Pagu Minus

Dalam beberapa kasus, revisi DIPA gagal karena revisi menyebabkan pagu minus, bila terdapat status ‘Proses Approval Gagal’ maka cek ke menu Penolakan Revisi karena Menyebabkan Pagu Minus (Fund Fail).

Sangat Membantu Kurang Membantu

94 of 157 people found this page helpful

Comments (5)

ANUAR SADAT, S.Sos
ADK Revisi terkait pengurangan anggaran pada satker 418926 kantor kementerian agama kabupaten deiyai tidak dapat terbaca pada aplikasi SAS, solusinya bagaimana ya
HAERUDDIN
Satker 431849 Tidak bisa hapus history bagaimana solusinya
Nanang Ismail
Perbedaan Hal. III DIPA SAKTI dan Indikator Hal. III DIPA OM-SPAN
heri
Assalammualaikum , izin mau tanya kalau revisi di sakti delay update setelah revisi pagu minus bagaimana mengatasinya , karena kami mau melakukan revisi Pemutakhiran KPA dan terganjal delay update di sakti sedangkan revisi pagu minus sudah di sah kan tanggal 11 desember 2023
heri
satker kami 641194

Add a comment

Please log in or register to submit a comment.

Lupa Password