Petunjuk Teknis Koreksi SPM pada aplikasi SAKTI - Knowledgebase / SAKTI - Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi - HAI DJPb

Petunjuk Teknis Koreksi SPM pada aplikasi SAKTI

Authors list

Pastikan Anda telah menggunakan aplikasi SAKTI  dan telah menginstall auto update yang dapat diunduh pada ftp://10.100.88.42/PILOTING%20SAKTI/sakti-installer/ (user:eutsakti dan password: saktiEUT123#) dan lakukan langkah-langkah seperti yang tercantum pada file terlampir

Helpful Unhelpful

8 of 11 people found this page helpful

Comments (4)

Sri Tandipayuk
Untuk melakukan koreksi SPM GUP, langkah-langkahnya seperti apa? Karena yang dicontohkan adalah SPM LS.
Agent 015
yth sri

Petunjuk Teknis
Koreksi SPM yang telah menjadi SP2D pada aplikasi sakti

Sesuai Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan nomor PER-16/PB/2014 tanggal 11 Juni 2014 tentang Tata Cara Koreksi Data Transaksi Keuangan pada Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara

Koreksi data transaksi pengeluaran dilakukan terhadap :
1. BAS
2. Pembebanan Rekening Khusus
3. Deskripsi/uraian pengeluaran

Pastikan Anda telah menggunakan aplikasi SAKTI UI versi 8 Februari 2017 yang dapat diunduh pada ftp://10.100.88.42/PILOTING%20SAKTI/sakti-installer/ (user:eutsakti dan password: saktiEUT123#) dan lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

Login menggunakan user operator SPP/SPM

1. Masuk ke Modul Pembayaran RUH SPPCatat/Ubah SPP
2. Pilih Jenis SPP 515 KOREKSI
3. Klik tombol tambah
4. Klik data SP2D yang akan dikoreksi. Pada gambar diatas, yang akan dikoreksi adalah No. SPM 36687A tanggal SPM 9 November 2016
5. Klik tombol pilih

1. Klik uraian pembayaran dan lakukan perubahan, apabila ingin merubah uraian pembayaran.
2. Pilih Akun yang akan dirubah. Pada gambar diatas, akun belanja yang akan dirubah adalah 521111.
3. Klik tombol RUH akun

1. Pilih Akun yang akan dirubah. Pada gambar diatas, akun belanja yang akan dirubah adalah 521111.
2. Klik tombol ubah
3. Pilih akun yang seharusnya. Pada gambar diatas, akun belanja yang seharusnya adalah 521219.
4. Klik tombol simpan
5. Klik tombol keluar

1. Akun 521111 telah berubah menjadi akun belanja 521219.
2. Klik tombol simpan
3. Muncul notifikasi simpan data berhasil, klik tombol OK

1. Masuk ke Modul Pembayaran CetakMencetak SPP
2. Pilih SPP yang ingin dicetak
3. Klik tombol cetak
4. Klik tombol Printer
5. Klik tombol keluar dari cetakan SPP
6. Klik tombol keluar untuk keluar dari menu Mencetak SPP







Login menggunakan user PPK

1. Masuk ke Modul Pembayaran ValidasiValidasi SPP
2. Pilih SPP yang ingin disetujui
3. Klik tombol setuju
4. Klik tombol Yes
5. Klik tombol OK
6. Klik tombol keluar untuk keluar dari menu Validasi SPP

Login menggunakan user operator SPP/SPM

1. Masuk ke Modul Pembayaran CetakMencetak SPM
2. Pilih SPM yang ingin dicetak
3. Klik tombol Cetak
4. Klik tombol Printer
5. Klik tombol keluar dari cetakan SPM
6. Klik tombol keluar untuk keluar dari menu Mencetak SPM

Login menggunakan user PPSPM

1. Masuk ke Modul Pembayaran ValidasiValidasi SPM
2. Pilih SPM yang ingin disetujui
3. Klik tombol setuju
4. Klik tombol Yes
5. Klik tombol OK
6. Klik tombol keluar untuk keluar dari menu Validasi SPM

1. Masuk ke Modul Pembayaran ADKADK SPM
2. Pilih SPM yang ingin dibuat ADK SPM
3. Klik tombol Cari untuk memilih Direktori File lokasi tempat menyimpan ADK SPM
4. Klik tombol Proses ADK Resume Tagihan
5. Input PIN PPSPM
6. Klik tombol Proses
7. Klik tombol OK
8. Klik tombol keluar untuk keluar dari menu ADK SPM
Kirim ADK SPM tersebut ke Portal SPAN (sakti.kemenkeu.go.id) untuk diproses di SPAN sebagai dasar Surat Tanggapan Koreksi

Untuk langkah koreksi pada SPM sakti sama untuk semua jenis tipe SPM

terimakasih
Erry Santya Budi
Untuk melakukan koreksi SP2D nya saja bagaimana, langkah-langkahnya seperti apa? (karena salah upload xml SP2D). Karena yang dicontohkan adalah hanya koreksi SPM saja.
Andri Aulia
untuk SPM GUP, apakah kuitansi nya diubah/disesuaikan juga atau langkah-langkah koreksi SPM nya cukup seperti SPM LS saja?

Add a comment

Please log in or register to submit a comment.

Need a password reminder?