[INFO] Mekanisme Push Data By System pada Aplikasi SAKTI ke Aplikasi e-Rekon-LK - Berita / General - HAI DJPb

Sep 8 2020

[INFO] Mekanisme Push Data By System pada Aplikasi SAKTI ke Aplikasi e-Rekon-LK

Authors list

Yth. KPPN dan Kanwil DJPb

di seluruh Indonesia



Dengan ini kami informasikan terkait mekanisme push data SAKTI ke Erekon-LK sebagai berikut :

1. Push data yang dimaksud adalah push data yang dilakukan oleh system, bukan push data manual dan dilakukan dalam rangka rekonsiliasi.

2. Push data dapat dilakukan apabila:

  • Periode rekonsiliasi sudah dibuka 
  • Satker sudah melakukan tutup periode sampai dengan periode rekonsiliasi 
  • Realisasi kinerja/ capaian output sudah diinput (dari modul Komitmen). Adapun monitoring pengisian capaian output dapat dilakukan melalui MONSAKTI(https://monsakti.kemenkeu.go.id/dist/app/ #monsakti/komitmen/MonitoringCapaianOutput). 
  • Apabila terdapat perbaikan data satker, maka akan dilakukan push ulang apabila status rekonsiliasi sebelumnya untuk periode yang sama belum sampai TTD KPA (tanda tangan KPA).

3. Sebelum melakukan tutup periode, satker harus memastikan semua transaksi pada periode tersebut sudah diinput semua (termasuk sudah di approve) sesuai dengan dokumen sumber yang ada dan telah diverifikasi untuk memastikan kebenaran data yang diiput. Operator pada Modul GLP dapat berkoordinasi dengan operator di modul lain untuk memastikan hal ini.

4. Operator GLP harus memastikan seluruh jurnal transaksi dari masing-masing sub modul sudah tervalidasi dan terposting, hal ini dapat dilihat pada menu monitoring jurnal modul GLP.

5. Operator GLP dapat melakukan pencetakan laporan rekonsiliasi internal antara modul GLP vs Persediaan, modul GLP vs Aset tetap serta GLP vs Bendahara untuk memastikan tidak ada selisih transaksi/ apabila terdapat selisih bisa dijelaskan.

6. Pastikan periode masing-masing modul sudah tertutup (modul Persediaan dan modul Aset) dan modul GLP sudah dilakukan tutup buku sementara.

7. Proses push data dilakukan secara system secara scheduler/berkala menyesuaikan jadwal E-Rekon-LK.

8. Monitoring Push data ke Erekon-LK dapat di monitor pada monsakti pada menu GLP > Monitoring Push data SAKTI-Erekon (https://monsakti.kemenkeu.go.id/app/#monsakti/ledger/sdhPUSH)

9. Apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut, silakan mengajukan ke HAI DJPB.


Demikian disampaikan untuk dipedomani. Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terimakasih.


Sangat Membantu Kurang Membantu

15 of 17 people found this page helpful

Add a comment

Please log in or register to submit a comment.

Ingat saya?