[INFO] Pemberitahuan Penundaan Tutup Buku GLP Periode Juli 2022 - Berita / SAKTI - HAI DJPb

Aug 18 2022

[INFO] Pemberitahuan Penundaan Tutup Buku GLP Periode Juli 2022

Authors list

Yth.    Para Pengguna SAKTI

di Seluruh Indonesia



Dalam rangka mengawal rekonsiliasi eksternal tingkat UAKPAdengan KPPN, kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:


1. Saat ini sedang dilaksanakan rekonsiliasi eksternal tingkat UAKPA dengan KPPN periode Juli 2022 dengan batas akhir rekonsiliasi tanggal 31 Agustus 2022 sesuai Surat Ditjen Perbendaharaan Nomor S-32/PB/PB.6/2022.


2. Penutupan Modul GLP Juli 2022 dalam periode rekonsiliasi berpotensi menyebabkan selisih rekonsiliasi periode Juli berupa Transaksi Dalam Konfirmasi (TDK) Pendapatan, Pengembalian Belanja, dan Mutasi UP, jika satker melakukan penghapusan transaksi SSBP atau SSPB ketika periode Juli dalam kondisi tertutup, di mana jurnal balik akan terbentuk di periode Agustus.


3. Atas pertimbangan poin 2 di atas, Tutup Buku Modul GLP periode Juli 2022 baru dapat dilaksanakan ketika rekonsiliasi periode Juli sudah berakhir yaitu pada tanggal 1 September 2022, dengan syarat periode Januari sampai dengan Juni sudah dilakukan Tutup Permanen sebelumnya.


4. Satker tetap dapat melakukan tutup buku Modul Persediaan dan Modul Aset Tetap periode Juli 2022 tanpa harus menunggu tanggal 1 September 2022.


5. Jika satker terlanjur tutup buku Persediaan dan/atau Aset periode Juli, maka Modul Persediaan dan/atau Aset belum dapat dibuka kembali sampai modul GLP melakukan Tutup Buku Sementara dan Buka Periode Juli, sehingga mohon dipastikan seluruh transaksi sudah direkam sebelum dilakukannya Tutup Buku Aset dan/atau Persediaan periode Juli.


6. Satker tetap dapat melakukan transaksi di modul selain Persediaan dan Aset, misalnya dalam rangka perbaikan rekonsiliasi, dengan melakukan Buka Periode GLP Tanpa Centang Persediaan dan/atau Aset sehingga modul-modul lain akan terbuka.


Demikian kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Sangat Membantu Kurang Membantu

154 of 159 people found this page helpful

Add a comment

Please log in or register to submit a comment.

Lupa Password