[INFO] Penginputan Kode Barang Pada Modul Komitmen, Bendahara, Persediaan, dan Aset Tetap - Berita / General - HAI DJPb

Aug 7 2019

[INFO] Penginputan Kode Barang Pada Modul Komitmen, Bendahara, Persediaan, dan Aset Tetap

Authors list

Yth. Pengguna Aplikasi SAKTI

di seluruh Indonesia


Penginputan kode barang pada aplikasi SAKTI saat ini dimulai catat BAST barang oleh operator PPK dan catat kwitansi Barang oleh bendahara. Terdapat indikasi kesalahan pemilihan kode barang saat perekaman kode barang sehingga berdampak pada validitas data BMN (Persediaan dan Aset Tetap) dan data jurnal pada modul GLP. Agar tidak terjadi kesalahan pemilihan kode BMN maka perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Operator modul Komitmen, modul Bendahara, modul Persediaan dan modul Aset Tetap perlu mengetahui kode barang dan hubungannya dengan akun di laporan keuangannya.
  2. Perlu Koordinasi antara operator Modul Komitmen, Bendahara dengan modul Persediaan dan modul Aset Tetap terutama ketika output BAST dan/ Kwitansi berupa BMN, agar tidak salah memilih kode Barang.
  3. Kesalahan pemilihan kode barang dapat berakibat pada kesalahan laporan BMN dan laporan keuangan. Kesalahan kode barang yang sudah terlanjur transaksinya di detilkan dan/ dokumen BAST/ Kwitansinya di buat resume tagihannya (SPP) tidak bisa dilakukan.
  4. Kesalahan kode barang dapat diminimalisir dengan pengetahuan yang memadai terhadap kodifikasi BMN, hubungan BMN dengan akun Belanjanya dan koordinasi yang baik antara modul-modul yang terkait.
  5. Tabel Kodifikasi BMN dan daftar akun yang peruntukannya untuk penambahan nilai BMN (perolehan dan pengembangannya) terlampir.
  6. UAPPA/B W, UAPPA/B E1, UAPA/UAPB serta KPPN dan Kanwil DJPB agar membantu terkait edukasi satker lingkup kerjanya.

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terimakasih.

Sangat Membantu Kurang Membantu

6 of 7 people found this page helpful

Add a comment

Please log in or register to submit a comment.

Ingat saya?